Wednesday, January 6, 2010

Pra Piala Asia 2011 Qatar: Indonesia Kalah 1-2 Dari Oman


Sepakbola tanah air masih harus banyak berbenah! Meskipun ini adalah pertandingan penentuan untuk lolos dan tidaknya ke Piala Asia 2011 di Qatar, tapi apa mau dikata, justru penampilan timnas Indonesia jauh dari harapan. Bermain di depan publiknya sendiri, distadion utama gelore bung karno (SUGBK), timnas mengawali pertandingan dengan lebih banyak tertekan. Tim tamu, Oman menampilkan permainan rapi dan konsisten dengan penguasaan bola yang baik.


Pada menit ke 31 babak yang pertama gawang Markus Horison bobol oleh tandukan penyerang Oman, Fawzi Basher. Gol ini berawal dari tendangan bebas setelah pemain Indonesia melakukan pelanggaran diluar kotak penalti tim tamu. Keadaan tertinggal 1-0, Indonesia berusaha lebih menekan, tapi tetap saja belum berhasil. Oman lebih dominan dalam mengontrol pertandingan yang digelar pada hari Rabu malam itu, 6 Januari 2010. Tapi harapan besar untuk memengangi pertandingan kembali ada setelah Boas Salosa, penyerang asal Papua berhasil merobek jala Oman yang dijaga Ali Al Habsi pada menit 45 babak pertama. Gol Boas terjadi setelah ia lolos dari jebakan offiside menerima umpan panjang Ponaryo Astaman dan mengecoh satu pemain bertahan lawan sebelum menendang bola ke gawang dengan bola terlebih dahulu menyentuh kaki pemain lawan sehingga berbelok arah dan kiper gagal mengantisipasinya, skor 1-1 hingga peluit babak pertama dibunyikan wasit.

Memasuki babak kedua, Oman tetap bermain apik dengan penguasaan bola yang terjaga. Petaka bagi Indonesia terjadi dimenit ke 52, ketika pemain tengah Oman yang bermain cukup baik pada malam hari itu, Ismail Sulaiman mengecoh beberapa pemain belakang Indonesia sebelum ia dengan bebas menembak bola dengan cukup keras memperdaya kiper Markus Horison. Proses gol ini terjadi setelah penjagaan pemain Indonesia lengah terhadap pemain jangkung ini. Dengan sedikit menggocek bola, Ismail menembak tajam ke atas jala gawang Indonesia. Disisa waktu babak kedua setelah kedudukan 2-1 untuk Oman, Indonesia tetap tidak bisa menerapkan permainan terbuka dan menyerang, malah lebih sering tertekan dan terancam gawangnya. Praktis gawang Oman pada babak kedua ini sedikit aman dan skot 2-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan pemain:

Indonesia: Markus Horison (kiper), Charis Yulianto (kapten), Boas Sallosa, Ponaryo, Budi Sudarsono (Mushafry 34), Firman Utina, Syamsul Bachri (Haryono 70), Bambang Pamungkas,Isnan Ali (M.Roby 66), Nova Arianto, Christian Warobay.

Oman: Ali Al Habsi (kiper), M Rabia (kapten), M Albalushi, Bait Doorbeen Fawzi, Al Mukhaini Saad, Hassan Al Housni, Ismail Sulaiman, Al Gheilani Hassan, Ahmed Hadid, Yaqoob Abdul Karim (Hasim Saleh 64), Qasim Said.

No comments:

Post a Comment